FORUM STUDI EKONOMI: Sarana Membangun Komunikasi Dosen dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi

Selasa (28/4), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (HMPE) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (FE UNY) mengadakan Forum Studi Ekonomi (FSE). Forum ini diadakan di ruang ramah tamah Fakultas Ekonomi. Event ini merupakan salah satu program kerja tahunan Bidang Penelitian dan Pengembangan ( LITBANG)  HMPE FE UNY. Forum studi pada kesempatan kali ini mendapat apresiasi yang banyak dari mahasiswa Fakultas Ekonomi khususnya mahasiswa Pendidikan Ekonomi, hal tersebut terlihat dengan banyaknya peserta yang mengikuti.

Forum Studi Ekonomi kali ini mengusung tema “Mewujudkan Lulusan Pendidikan Ekonomi yang Berkualitas dan Handal dalam Menghadapi Dunia Kerja di Era Globalisasi“ dengan menghadirkan narasumber Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi FE UNY Daru Wahyuni S.E. M.Si. dan Ali Muhson M.Pd Dosen Fakultas Ekonomi. Kedua narasumber pada kesempatan kali ini sepertinya mempunyai pandangan yang sama dalam melihat persaingan di era globalisasi ini. Bapak Ali Muhson memaparkan mengenai betapa ketatnya persaingan dunia kerja yang akan dihadapi oleh para lulusan S1. Beliau memperlihatkan perbandingan data jumlah pencari kerja dan lowongan kerja yang tidak seimbang. Hingga di akhir pemaparan beliau menegaskan bahwa lebih baik lulusan perguruan tinggi tidak menjadi pencari kerja tetapi menjadi Job Creator.

Sedangkan pembicara kedua Daru Wahyuni S.E. M.Si. memaparkan mengenai betapa pentingnya peningkatan kualitas lulusan perguruan tinggi agar mampu bersaing menghadapi dunia kerja di era MEA. Dalam materinya, Beliau mendukung pemaparan narasumber pertama bahwa di era seperti sekarang, mahasiswa harus merubah pola pikir mereka. Mahasiswa harus mampu menjadi entrepreneur dengan memanfaatkan peluang yang ada.

Acara dimulai pada pukul 12.40-15.10 WIB. Selain pemaparan materi dari narasumber juga diberikan sesi tanya jawab oleh peserta. Dengan adanya acara “Forum Studi Ekonomi” ini diharapkan mampu mendorong motivasi mahasiswa Fakultas Ekonomi untuk bersaing di era globalisasi. (Windu/Desta)