HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN PENDIDIKAN EKONOMI MEMBERIKAN SUMBANGSIH KEILMUAN DAN KESEJAHTERAAN

Kewajiban dosen adalah melakukan tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Hari ini selasa 7 agustus 2018, pendidikan ekonomi menyelenggarakan seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini melibatkan seluruh dosen jurusan pendidikan ekonomi universitas negeri Yogyakarta dan mahasiswa-mahasiswi jurusan pendidikan ekonomi UNY. Luaran penelitian ini diterbitkan dalam jurnal nasional dan International Conference. Berikut adalah judul penelitian dan pengabdian yang telah dilaksanakan jurusan pendidikan ekonomi UNY periode 2018:

PENELITIAN

  1.  Pengembangan Modul Ekonomi Kerakyatan Berbasis Ekowisata di Yogyakarta
  2. Analisis Efisiensi Ekonomi Penggunaan Faktor Produksi Pada UMKM di Laboratorium Kewirausahaan UNY
  3. Probabilitas Bekerja Dan Tingkat Kesejahteraan Penduduk Lanjut Usia Di Indonesia
  4. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi  Kebijakan Penyaluran Kredit Perbankan Di Indonesia (Studi pada Bank Umum Berdasarkan Struktur Kepemilikan Periode Tahun 2012 - 2016)
  5. Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Karakter Pada Rumpun Pembelajaran Ekonomi

 

PENGABDIAN

  1. Pendampingan Pemberdayaan Ekonomi Bagi Perempuan Dusun Krapyak Margoagung Sayegan Sleman Untuk Peningkatan Kesejahteraan Keluarga
  2. Pemberdayaan UMKM Di Foodcourt Laboratorium Kewirausahaan UNY Dengan Metode Participatory Action Research
  3. Pelatihan Peningkatan Literasi Keuangan dan Koperasi Bagi Perempuan Pedesaan
  4. Implementasi Lesson Study Oleh Guru MGMP IPS MTS Bantul Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Dan Mempererat Kerjasama Antar Profesi Guru

Kami selaku civitas academia jurusan pendidikan ekonomi berharap hasil penelitian ini dapat menyumbangkan referensi keilmuan dan pengabdian kami kepada masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terimakasih