PERCEPATAN STUDI: UPAYA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI MENYELESAIKAN MASALAH KESULITAN TUGAS AKHIR MAHASISWA

Kualitas  pendidikan  menjadi  agenda  pentlng  bagl  akselerasi  pembangunan  bangsa   Pendidikan merupakan   instrumen   dalam   upaya   peningkatan   silmber   daya   manusla    Pendidikan   yang   bisa mengembangkan   SDM  adalah   apabila  dalam   pendldikan  beronentasl  pacla  proses   mencerdaskan kehidupan, demokratis, menghasilkan manusia yang peduli pada masyarakat, dan pendidikan yang bisa memuliakan  manusia. Perguruan tinggi merupakan tempat  pengembangan ilmu dan teknologi. Salah satu indikator kualitasnya adalah apabila mahasiswa dapat menyelesaikan studi/kuliah dengan lndeks Prestasi Tinggi dan dalam waktu yang relatif pendek. Untuk itu Universitas Negeri Yogyakarta,  khususnya Departemen Pendidikan  Ekonomi  berupaya  meningkatkan  kualitas  mahasiswa dengan  mengarah  pada  pencapaian indikator tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut berbagai kegiatan telah dilakukan antaralain dengan meningkatkan pembimbingan penasehat akademik oleh dosen Penasehat Akademik dan mengintensifkan  pembimbingan tugas akhir. Namun demikian keglatan mengintensifkan pemblmbingan tugas akhir masih mengalami kendala karena mahasiswa belum memiliki kesiapan yang tinggi ilmu menulis tugas akhir. Untuk itu Jurusan Pendidikan Ekonomi merasa perlu melakukan kegiatan pendampingan penulisan proposal untuk penyusunan tugas akhir mahasiswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan adanya keterbukaan informasi mengenai kendala mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Melalui dialog intensif, ditemukan solusi untuk mempercepat penyelesaian skripsi mahasiswa melalui program Bootcamp bersama dosen pembimbing.