SUKIJO DOSEN FISE UNY MEMPEROLEH GELAR DOKTOR

Jumlah doktor di UNY bertambah. Sukidjo, dosen Pendidikan Ekonomi FISE  UNY berhasil meraih gelar Doktor Pendidikan Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP) UNY setelah mempertahankan disertasinya yang berjudul Model Evaluasi Pengentasan Kemiskinan pada PNPM Mandiri Perkotaan dihadapan tim Penguji, Senin (18/7) di ruang sidang PPs UNY. Tim penguji  yang terdiri atas Prof. Djemari Mardapi, Ph.D.,  FX.Sudarsono, P.hD,  Prof. Dr. Sodiq A.Kuntoro, Prof. Soenarto, Ph.D., Prof. Aliyah A.Rasyid., dan Prof. Dr. Sumarno, Ph.D memberikan penilaian Sangat Memuaskan bagi bapak tiga putra ini. Dengan keberhasilan ini, Sukidjo, mantan ketua LPM periode 1997-2000 dan 2000-2004, berhak menyandang Doktor ke 99 PPs UNY, dan Doktor ke 77 dari Prodi S3  PEP UNY.

Dalam presentasinya, Sukidjo mengatakan, telah berhasil mengembangkan evaluasi program pengentasan kemiskinan PNPM Mandiri Perkotaan dengan menerapkan model Stake telah memenuhi persyaratan valid, reliable, komprehensif, praktis dan ekonomis. Kegiatan yang dievaluasi pada tahapan antecedents berupa kegiatan pemberdayaan yang berisi kegiatan sosialisasi tentang maksud dan dan tujuan PNPM, pengertian dan prinsp BKM dan KSM. Evaluasi pada tahap transactions meliputi penerapan prinsip PNPM pada pembentukan BKM maupun KSM, dan  pelaksanaan program tridaya. Sedangkan evaluasi tahap outcomes meliputi keberhasilan kelembagaan, kinerja BKM, kemandirian KSM, dan tingkat kepuasan penerima manfaat. Dalam rekomendasi, Sukidjo menjelaskan pada evaluasi pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan terdapat kesesuaian pelaksanaan terhadap standard yang berlaku dan model evaluasi yang dikembangkan secara teoritik didukung oleh data empirik (berarti model fit), maka program pengentasan kemiskinan PNPM Mandiri Perkotaan yang dilakukan selama ini perlu dilanjutkan.

Sukijo juga menyarankan kegiatan pemberdayaan perlu ditingkatkan dan ditindaklanjuti dengan pendampingan ke KSM sehingga para KSM benar-benar menggunakan pinjaman bergulir untuk mengembangkan usaha. Kegiatan pendampingan mulai perencanaan, produksi sampai pemasaran sehingga mampu menjadi KSM yang berhasil.(kirom/ls)