Sociopreneur Dalam Kegiatan PPSMB Pendidikan Ekonomi

Sabtu, 12 September 2020 HIMA Pendidikan Ekonomi mengadakan kegiatan PPSMB tingkat Jurusan. Kegiatan dilaksanakan secara online melalui googlemeet yang dimulai pukul 07.00 hingga pukul 12.00. Mahasiswa baru tampak antusias mengikuti. Pada tahun ini tema PSSMB Jurusan Pendidikan Ekonomi mengambil tema tentang Sociopreneur. Talkshow yang menghadirkan narasumber Arin Mamlakah Kalamika, M.Si seorang dosen dan praktisi sociopreneur dari UIN Sunan Kalijaga. Narasumber menyampaikan bahwa kewirausahaan untuk mengatasi masalah sosial adalah suatu konsep yang realistis. Sedangkan masalah sosial adalah peluang. Jadi jangan ragu memulai hanya karena ekosistem di Indonesia belum mendukung,”ujarnya dalam menyampaikan materi.

Materi socipreneur ini menarik bagi mahasiswa. Terbukti mahasiswa antusia bertanya dan berdiskusi. Salah satu peserta menanyakan bagaimana cara mengatur waktu agar kuliah bisa tetap jalan, tetapi wirausaha sosial juga bisa berjalan? Pertanyaan yang menarik ini mendapatkan tanggapan yang baik, hingga penanya mendapatkkan doorprize dari. Narasumber menjelaskan, kunci utama dalam manajemen waktu adalah konsisten. Konsistem dalam menetapkan target dan mangikuti Langkah-langkah dengan bersemangat serta hati yang riang. Semua akan bisa dijalani,”begitu penjelasan narasumber.

Harapan besar disampaikan oleh bapak Aula Ahmad Hafidz Saiful Fikri, Sekjur Prodi Pendidikan Ekonomi bahwa dengan adanya PSSMB ini mahasiswa jadi mengenal keluarga besar Pendidikan Ekonomi serta mampu menyesuaikan dalam setiap kegiatan baik akademik maupun non akademik, terutama yang pembelajaran yang terselenggara masih harus daring. Sehingga mahasiswa diharapkan mampu secara mandiri mengatur waktu, mengatur diri agar mampu beradaptasi belajar di perguruan tinggi.