Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Pendidikan Ekonomi dalam Pelatihan Pengelolaan Usaha Jajan Pasar Berbasis Kearifan Lokal

Paguyuban Wiguna Tasty sebagai salah satu pemain dalam industri rumah tangga di Kabupaten Kulon Progo yang bergerak dalam usaha memproduksi dan memasarkan aneka jajanan pasar khas Kulon progo. Dinamakan paguyuban karena bermula dari kerja sama antar RT dan RW di Pengasih dalam membentuk perdagangan jajanan pasar yang pembuat dan pemasarannya juga dari komunitas dusun itu sendiri. Karena paguyuban tersebut masih dalam kelompok UKM, maka saat menghadapi pandemi covid-19 cukup terseok-seok. Bahkan ada beberapa mitra menutup usahanya sehingga supply jajanan pasar dalam paguyuban tersebut berkurang.

Untuk membantu pengembangan usaha Paguyuban Wiguna Tasty, tim pengabdi yang terdiri dari Prof. Endang Mulyani, M.Si., Nenden Susilowati, M.Pd., dan Yeni Nur Prilanita, M.Pd., menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pendampingan pengelolaan usaha jajan pasar berbasis kearifan lokal guna untuk meningkatkan pendapatan masyarakat di dusun Karongan, Kedungsari, Pengasih, Kulon Progo.