FE UNY Bersama FIK UNY Lakukan PPM Guna Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) di Gemblegan, Kalikotes, Klaten

Dalam rangka melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, dosen Fakultas Ekonomi UNY bersama Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY melakukan kolaborasi pada kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) di Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten pada Minggu, 8 Agustus 2021. Ketiga dosen tersebut adalah Dr. Sulistiyono, M. Or, Martono, M. Or dan Muh. Roestam Afandi, M. Ec. Dev. PPM yang dilakukan, mengambil judul “Pembentukan Sekolah Sepak Bola (SSB) dalam rangka Optimalaisasi Peran Bumdes Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD)”. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa setiap desa di Indonesia diharapkan menjadi desa mandiri melalui pembentukan Bumdes. Melihat potensi Desa Gemblegan, ketua tim pengabdi Dr. Sulistiyono, M. Or beranggapan bahwa sangat disayangkan dengan potensi yang besar ini tidak dapat terkelola dengan baik.

“Disini ada lapangan bola, ada pelatihnya, ada antusias warga yang luar biasa. Sangat disayangkan kalau tidak dioptimalkan. Kita harus segera action untuk hal ini.” tuturnya saat pemberian sambutan.

Hal senada juga diungkapkan oleh H. Waloya selaku Kepala Desa Gemblegan. Menurutnya, potensi yang cukup ini sulit untuk tergali karena belum ada action nyata dan disampaikan pula rasa terima kasih atas perhatian dari pihak UNY sehingga terwujud SSB untuk meningkatkan PAD. Harapan besar pula siswa yang masuk dalam SSB Madangkara tidak hanya sebatas ikut tenar saja, namun harus terbukti dengan lahirnya bintang baru sepak bola dari Desa Gemblegan.

“Lapangan, SDM dan antusias warga merupakan modal yang besar bagi kami, hanya saja kurangnya action menjadi kendala selama ini dalam pelaksanaan. Hadirnya tim pengabdi UNY sangat kami apresiasi, kami ucapkan banyak terima kasih kepada tim pengabdi, pak sulis, mas martono dan mas roestam atas perhatian yang luar biasa ini. Semoga ini tidak hanya sekedar seremonial saja namun akan melahirkan bintang sepak bola dari Desa Gemblegan. Dan satu lagi harapan kami, akan ada kegiatan lanjutan sebagai bentuk pendampingan kepada kami.” Ucap H. Waloya saat memberikan sambutan di acara PPM.

PPM yang dilakukan merupakan PPM yang didanai oleh Dana DIPA UNY Tahun 2021. Besar harapan bagi semua pihak dengan hadirnya pendanaan semacam ini dapat memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di daerahnya.